Mau Membeli Barang Bekas ? Ini Tipsnya

Haba Santai - Semua orang ingin memiliki barang-barang yang berkualitas tinggi. Karena barang yang memiliki kualitas baik cenderung lebih menguntungkan bagi sang pemilik barang. Barang-barang yang memiliki kualitas bagus umumnya adalah barang-barang yang bermerek. Dengan kata lain, barang berkualitas adalah barang yang bermerek terkenal.

Permasalahannya adalah, barang bermerek dan memiliki kualitas yang bagus pastinya memiliki harga yang selangit alias mahal. Oleh sebab itu tidak semua orang mampu untuk membeli barang-barang tersebut karena harganya yang kurang terjangkau.

Karena harga nya yang mahal, maka tidak sedikit orang-orang yang mencari alternatif untuk bisa mendapatkan barang berkualitas tersebut dengan harga yang lebih murah. Salah satu cara yang lazim dilakukan adalah membeli barang bermerek dengan kondisi bekas. Cara ini terbukti ampuh dilakukan karena dengan cara ini kita tetap dapat memiliki barang yang diinginkan dengan harga yang tentunya lebih murah dari yang seharusnya.

Namun perlu diingat bahwa barang bekas tidak memiliki kualitas yang sama dengan barang yang di beli dengan kondisi baru. Dan tidak sedikit barang bekas yang sering dijual memiliki kondisi yang buruk, baik terlihat maupun tidak yang tidak terlihat. 

Mau Membeli Barang Bekas ? Ini Tipsnya

Nah, pada kesempatan ini admin ingin berbagi informasi mengenai tips membeli barang bekas. Tips ini bertujuan agar kamu bisa terhindar dari kecurangan dan kerugian saat membeli barang bekas. Biar kamu bisa aman membeli barang bekas yang berkualitas, maka langsung sajasimak tipsnya berikut ini :

1. Lihat Kondisi Fisik Barang

Hal pertama yang wajib kamu perhatikan saat memutuskan ingin membeli barang bekas adalah melihat atau menilai barang tersebut dari kondisi fisiknya. Perhatikan secara seksama kondisi fisik barang yang ingin kamu beli, bila warnanya maasih bagus, serta tidak terdapat lecet maka itu bisa jadi indikator bahwa secara fisik barang tersebut berkualitas.

Bila barang bekas yang ingin kamu beli tersebut terdapat lecet, atau pun warnanya sudah tidak sesuai dengan aslinya. Maka dari sana kita bisa menyimpulkan bahwa barang bekas itu secara fisik sudah berkurang kualitasnya. Jika demikian barang tersebut bisa kamu tawar dengan harga yang lebih murah dari yang dipasang sang penjual barang.

2. Lihat Kinerja Barang

Bagian selanjutnya yang harus kamu perhatikan saat ingin membeli barang bekas adalah kinerja dari barang tersebut. Perhatikan apakah barang yang ingin kamu beli itu masih bekerja dengan baik sebagaimana fungsinya atau tidak. Jika dicontohkan pada sebuah jam tangan, maka perhatikan perputaran jarum jam, apakah normal. Lalu perhatikan pula komponen-komponen lainnya seperti fungsi pengaturan jarum jam, tanggal dan lain sebagainya. Hal ini cukup penting, karena jangan sampai kamu terjebak memiliki barang yang secara fisik bagus namun ternyata dari komponen serta kinerja barang itu tidak bekerja sebagaimana mestinya.

3. Lihat Kondisi Bagian Dalam Barang

Bagian terakhir yang patut menjadi perhatian pula di saat ingin membeli barang bekas adalah kondisi bagian dalam barang. Untuk urusan bagian dalam ini, kamu dituntut harus memiliki tingkat pemahaman yang baik mengenai barang tersebut. Kamu harus tahu bagaimana cara membuka bodi barang tersebut (jika contohnya adalah sebuah handphone). Kamu harus tahu cara melihat kode-kode yang biasanya ditempel pada bagian dalam barang.

Perhatikan secara detail mengenai bagian dalam barang, apakah nomor atau kode barang sesuai dengan yang tercantum pada kotaknya (jika dicontohkan pada sebuah handphone). Perhatikan apakah barang tersebut terlihat seperti pernah mendapat pebaikan atau pernah rusak. Untuk mengetahuinya kamu bisa memperhatikan apakah baut-bautnya masih tersegel atau pun masih terlihat baru (baut tidak lecet). Karena jika sudah pernah mendapat mengalami kerusakan atau pernah mendapat perbaikan, maka pastinya barang bekas yang ingin kamu beli itu sudah berkurang kualitasnya.

Tips-tips tersebut diatas bisa menjadi salah satu indikator dalam membeli barang-barang bekas bermerek yang berkualitas. Teliti sebelum membeli merupakan hal yang paling utama dalam membeli suatu barang. Tujuannya tentu agar kamu tidak tertipu dengan kualitas barang, baik yang terlihat ataupun tidak terlihat, baik disengaja ataupun tidak disengaja oleh si penjualnya. Oleh karena itu yang terpenting adalah ketelitian dari kita sebagai sang pembeli yang ingin membeli suatu barang.

0 Response to "Mau Membeli Barang Bekas ? Ini Tipsnya"

Post a Comment

- Terima kasih atas kunjungan anda
- Terima kasih untuk setiap komentar yang anda berikan
- Gunakan bahasa yang baik dan sopan
- Komentar yang berupa link/spam akan dihapus