Inilah 5 Fakta Unik Tentang Gerhana Matahari

Haba Santai - Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang sangat langka. Disebut langka karena fenomena ini terjadi dalam dalam kurun waktu yang relatif lama. Bisa ratusan tahun sekali untuk bisa menyaksikan fenomena ini.

Oleh sebab itu maka tak heran jika banyak orang yang berbondong-bondong ingin menyaksikan fenomena alam yang satu ini.

Yang paling istimewa dan paling dinantikan adalah fenomena gerhana matahari total. Gerhana matahari total merupakan fenomena matahari yang tertutup secara penuh oleh bulan. Sehingga saat terjadi gerhana matahari total ini sesaat suasana menjadi gelap.

Efek gelap sementara ini tak lain diakibatkan oleh posisi bulan yang menutupi cahaya matahari sehingga cahaya matahari tidak dapat menyinari suatu daerah tertentu dibumi.

Fenomena gerhana matahari total yang baru-baru ini terjadi adalah gerhana matahari total yang terjadi pada tanggal 9 Maret 2016.

Fenomena ini kabarnya terlihat jelas di kawasan Palu, Sulawesi Tengah. Disana gerhana matahari yang terjadi bersifat total. Sementara di kawasan lain di Indonesia hanya terlihat sebagian saja, tidak bersifat total.

Menanggapi fenomena gerhana matahari total yang terjadi, Admin tertarik untuk memberikan sedikit informasi untuk sobat semua mengenai fakta-fakta unik mengenai gerhana matahari.

5 Fakta Unik Tentang Gerhana Matahari

Fakta-fakta tersebut yaitu :


1. Gerhana Matahari Total Adalah Fenomena Langka

Fakta pertama yang perlu kalian ketahui adalah gerhana matahari total itu merupakan fenomena alam yang sangat langka.

Terjadinya tidak mungkin setiap hari maupun setiap bulan. Fenomena seperti ini hanya terjadi dalam kurun waktu yang lama, sesuai rotasi yang berlaku.

Bahkan saking lamanya, butuh sekitar 300 tahunan baru barulah gerhana matahari total ini dapat terjadi lagi ditempat yang sama.

Oleh sebab itu banyak yang mengabadikan moment seperti ini dalam bentuk foto maupun video. Karena kuatir tidak bisa menikmati moment seperti ini lagi di masa depan.

2. Melihat Matahari Dengan Mata Telanjang Bisa Berbahaya Bagi Mata

Fakta selanjutnya yang perlu kalian ketahui adalah melihat gerhana matahari dengan mata telanjang bisa membahayakan bagi mata.

Sebenarnya bukan hanya saat terjadi gerhana matahari, namun kita memang dilarang melihat matahari secara langsung. Hal ini dikarenakan sinar matahari yang begitu tajam bisa sangat berbahaya bagi mata.

Bahkan ada yang menyebutkan bahwa melihat matahari dengan matahari dengan mata telanjang bisa meyebabkan kebutaan.

Lantas bagaimana jika melihat gerhana matahari yang aman ?

Caranya adalah dengan menggunakan kacamata khusus yang berfungsi meredam efek cahaya yang ditimbulkan oleh matahari.

Kacamata khusus ini dipercaya mampu mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke mata saat melihat gerhana matahari secara langsung. Sehingga bisa mengurangi efek buruk yang ditimbulkan terhadap mata.

3. Binatang Mampu Merasakan Gerhana Matahari

Tahukah kalian bahwa sebenarnya binatang dapat merasakan gerhana matahari. Binatang mengetahui adanya gerhana matahari dengan insting yang dimilikinya.

Umumnya saat gerhana matahari terjadi, ada perilaku yang sedikit berbeda atau tidak biasa dari binatang ini. Perilaku yang tidak biasa dari binatang ini bisa menjadi tanda bahwa mereka bisa merasakan gerhana matahari yang terjadi, meski mungkin mereka tidak bisa melihatnya.

4. Gerhana Matahari Total Menimbulkan Efek Gelap Sesaat

Gerhana matahari sabit atau gerhana matahari biasa mungkin tidak berefek banyak pada cahaya yang sampai ke bumi.

Namun jika terjadi gerhana matahari total, maka hal itu akan sangat berpengaruh pada intensitas cahaya yang dirasakan di bumi.

Saat gerhana matahari total terjadi, tempat atau kawasan yang tertentu akan merasakan efek gelap sesaat. 

Efek gelap sesaat ini dikarenakan pada saat terjadi gerhana matahari total, cahaya matahari secara penuh terhalang oleh bulan. Sehingga cahaya matahari terhalang dan tidak sampai ke bumi untuk beberapa saat.

Efek gelap sesaat ini umumnya terjadi dalam tenggang waktu yang relatif singkat, bisa saja 1 menit, 2 menit ataupun lebih. Tapi yang jelas, efek gelap yang timbul tidak akan terjadi dalam waktu lama.

5. Gerhana Matahari Bisa Diprediksikan Terjadinya

Kemajuan teknologi masa kini membuat fenomena gerhana matahari memungkinkan untuk terdeteksi dan diprediksi. Para ahli dapat memprediksikan kapan dan dimana gerhana matahari itu terjadi.

Sehingga tak heran jika fenomena yang terjadi ditahun 2016 ini dapat dinikmati semua orang, karena semua orang telah mengetahui dari pengumuman yang tersebar mengenai jadwal terjadinya gerhana matahari ini.

Bahkan yang lebih hebatnya, para ahli telah mampu memprediksikan jadwal gerhana matahari yang akan terjadi selanjutnya sejak hari ini.

Dengan mengetahui kapan dan dimana gerhana matahari selanjutnya terjadi, maka semua orang dapat bersiap-siap menyambut gerhana matahari tersebut sedari hari ini. Wow hebat bukan ?

Demikian lah 5 fakta unik dan menarik mengenai gerhana matahari. Semoga informasi ini bisa menjadi tambahan pengetahuan sobat semua mengenai fenomena alam yang satu ini.

0 Response to "Inilah 5 Fakta Unik Tentang Gerhana Matahari"

Post a Comment

- Terima kasih atas kunjungan anda
- Terima kasih untuk setiap komentar yang anda berikan
- Gunakan bahasa yang baik dan sopan
- Komentar yang berupa link/spam akan dihapus