Ingat, Manfaatkan 5 Perkara Sebelum Datang 5 Perkara

Haba Santai Waktu terus berjalan dan semua tidak akan pernah sama. Semua akan berlalu karena semua ada masanya. Oleh sebab itu penting rasanya untuk memanfaatkan yang waktu yang kita miliki saat ini untuk kebaikan.

Mungkin sering anda mendengar istilah "waktu itu seperti pedang, jika dimanfaatkan dengan baik maka bisa bermanfaat. Namun jika tidak, pedang itu bisa melukai dirimu sendiri".

Maksudnya adalah waktu itu adalah sebuah peluang dan juga pilihan. Jika anda bisa memanfaatkan waktu itu dengan baik maka anda akan bahagia. Tetapi apabila waktu itu tidak bisa di manfaatkan dengan baik, maka penyesalan yang akan melanda anda.


Anda punya peluang untuk memilih, apakah anda ingin memanfaatkan waktu yang anda miliki saat ini atau anda akan membiarkan waktu lewat begitu saja tanpa perlu anda pedulikan ? Semua pilihan tentunya ada pada diri masing-masing.

Ingat, Manfaatkan 5 Perkara Sebelum Datang 5 Perkara

Ada 1 hal lagi yang mungkin sering anda dengar, yaitu :

"Ingat lima perkara, sebelum lima perkara" 

Apakah itu ? apa sebenarnya yang dimaksud dengan ingat lima 5 perkara sebelum 5 perkara ?

Nah, bagi anda yang belum tahu atau belum paham dengan istilah yang sering diucapkan tersebut, berikut ini penjelasannya. Ingat lima perkara sebelum lima perkara itu adalah :

1. Pergunakan masa mudamu sebelum datang masa tuamu

Maksudnya adalah kita suruh memanfaatkan masa muda untuk aktif melakukan hal-hal baik sebanyak mungkin. Misalnya bekerja dan juga beribadah seperti sholat dan lain sebagainya.

Jangan buang-buang masa muda dengan hal-hal yang merugikan. Contohnya seperti malas-malasan untuk bekerja dan beribadah.

Kenapa kita dilarang membuang-buang waktu muda kita dengan bermalas-malasan ?

Karena jika waktu muda kita habiskan hanya untuk bermalas-malasan maka jangan harap ketika tua nanti anda bisa menjadi giat bekerja dan juga beribadah.

Benar bukan ? Coba bantah jika memang ungkapan ini salah.

2. Pergunakan masa kayamu sebelum datang masa miskinmu

Maksudnya adalah kita harus memanfaatkan masa ketika kita masih kaya sebaik mungkin dalam hal kebaikan. Contoh memanfaatkan kaya kita untuk hal yang baik adalah denga bersedekah, membantu orang miskin, naik haji dan lain sebagainya.

Dengan memanfaatkan kekayaan kita ke jalan yang baik maka harta kita pun menjadi berkah. Tapi kenapa kita harus memanfaatkan harta kekayaan kita kepada hal-hal yang baik ?

Jawabannyakarena ketika kita tidak mau bersedekah dan berbagi kebahagiaan disaat kita kaya, maka jangan harap ketika menjadi miskin anda bisa melakukannya.

Apakah hal ini juga benar menurut anda ?

3. Pergunakan masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu

Maksudnya adalah kita harus mempergunakan masa sehat seperti sekarang ini untuk terus beribadah dan juga untuk melakukan hal-hal baik lainnya. Contohnya adalah melakukan ibadah shalat dan juga ibadah lainnya.

Kenapa kita harus giat melakukan ibadah ketika sehat ?

Karena jika kita enggan memanfaatkan tubuh yang sedang sehat untuk shalat dan melaksanakan haji maka jangan harap bisa melakukannya ketika anda sakit.

Apakah setuju dengan penjelasan ini ?

4. Pergunakan masa lapangmu sebelum datang masa sempitmu

Maksudnya adalah kita harus memanfaatkan dengan baik saat-saat dimana kita memiliki banyak waktu untuk melakukan banyak hal baik. Contohnya seperti memanfaatkan waktu untuk belajar ilmu agama, memanfaatkan waktu untuk beribadah.

Kenapa harus demikian ?

Itu dikarenakan ketika kita tidak mau memanfaatkan watu kita yang banyak ini untuk belajara ilmu agama dan juga untuk beribadah, maka jangan harap bisa melakukannya disaat anda telah menjadi sibuk.

Sepertinya ini sangat logis bukan ?

5. Pergunakan masa hidupmu sebelum datang masa matimu

Maksudnya adalah kita harus bisa memanfaatkan setiap detik untuk berbuat yang baik, selama kita masih hidup. Contohnya melaksanakan shalat, puasa, naik haji dan lain sebagainya.

Kenapa harus melakukan hal tersebut ?

Karena jelas sekali jika kita tidak melakukannya ketika kita masih hidup, maka jangan harap kita bisa melakukannya ketika kita talah mati. Tidak mungkin kita melaksanakan shalat ketika sudah mati. Benarkan ?

Dan penjelasan ini benar-benar sangat logis jika di pikir dengan akal pikiran yang sehat bukan ?

Sekian informasi yang bisa saya berikan mengenai 5 perkara yang harus di ingat dan di manfaatkan dengan baik sebelum datang 5 perkara lainnya.

0 Response to "Ingat, Manfaatkan 5 Perkara Sebelum Datang 5 Perkara"

Post a Comment

- Terima kasih atas kunjungan anda
- Terima kasih untuk setiap komentar yang anda berikan
- Gunakan bahasa yang baik dan sopan
- Komentar yang berupa link/spam akan dihapus