Inilah Kerugian Besar Mengonsumsi Minuman Keras (khamar)

Haba Santai - Minuman keras atau dalam bahasa islam di sebut khamar merupakan suatu jenis minuman yang dapat memabukkan. Dalam islam dikatakan bahwa khamr merupakan minuman yang sangat dilarang karena efeknya yang memabukkan sehingga menutupi akal sehat manusia.

Menutupi akan sehat ini maksudnya adalah menggangu akal sehat manusia sehingga fungsi otak tidak lagi normal dan cenderung menghayal. Saat mabuk oleh khamr otak tidak bisa berpikir secara normal, justru efek khayalan yang dirasakan.

Dalam agama islam, sebenarnya meminum khamr ini hukumnya adalah haram. Artinya minuman ini memang dilarang untuk dikonsumsi. Bagi yang mengonsumsinya tentu akan berdosa, serta yang menjauhinya akan mendapat pahala.

Inilah Kerugian Besar Mengonsumsi Minuman Keras (khamar)

Selain berdosa, khamr juga akan membawa kerugian yang amat besar bagi yang meminnumnya. Diantara kerugian-kerugian tersebut yaitu :

1. Tidak akan di terima shalatnya selama 40 hari

Kerugian pertama yang didapat seorang yang mengonsumsi khamr adalah selama 40 hari shalatnya tidak akan diterima. Hal ini jelas disebutkan dalam Hadist berikut :

"Seseorang yang meminum khamar dari golonganku, tidak akan diterima shalatnya selama 40 hari" (HR. An-Nasai)

Meminum yang dimaksud disini bukan berarti meminum dalam jumlah banyak seperti segelas atau pun sebotol. Namun setes saja masuk ke dalam mulut dengan sengaja maka sudah dikatakan meminumnya.

Terbayang betapa ruginya orang-orang yang mengonsumsi khamar ini. Selama 40 hari tidak akan diterima shalatnya. Meski pun shalatnya sangat khusyuk dan sungguh-sungguh, tetap tidak akan diterima shalatnya oleh Allah SWT sejak hari ia mengonsumsi khamar tersebut.

Dan ketika 40 hari telah berlalu sejak hari pertama mengonsumsi khamar, maka shalatnya yang tidak diterima selama 40 hari tersebut wajib diganti dengan cara di qadha.

Dan kerugian yang kedua bagi peminum khamar yaitu...

2. Tidak akan masuk surga

Kerugian kedua dan yang paling disayangkan adalah peminum khamar tidak akan masuk surga. Terbayang bagaimana ruginya meminum khamar itu, surga yang begitu di idam-idamkan oleh seluruh umat muslim ternyata tidak akan diberikan kepada seorang pemabuk.

Seperti yang diriwatkan berikut ini :

"Tidak akan bisa masuk surga orang yang suka meminum khamar" (HR Ibnu Majjah)

Jelas bahwa surga yang merupakan kenikmatan sesungguhnya tidak akan pernah bisa dinikmati oleh orang-orang yang suka minum minuman yang memabukkan.

Lalu jika tidak akan masuk surga, lantas kemana akan ditempatkan ?

Jawabannya tidak lain dan tidak bukan adalah di neraka. Karena diakhirat nanti tidak ada pilihan selain surga dan neraka. Jika berbuat baik maka akan dimasukkan surga. Namun jika justru amalan buruk yang diperbuat selama didunia maka sudah pasti akan ditempatkan dalam neraka.

Oleh sebab itu, jika kita ingin masuk surga maka satu-satunya cara adalah menjauhi segala larangan Allah SWT, termasuk menjauhi diri dari meminum Khamar.

Semoga saja informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua. Jika berkenan berikanlah komentar anda mengenai artikel ini pada kolom komentar di bawah. Terima kasih.

8 Responses to "Inilah Kerugian Besar Mengonsumsi Minuman Keras (khamar)"

  1. wiewh ngeri ya ancamanya ga diterima amal kebaikanya selama 40 hari ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, sebulan lebih numpuk dosanya

      Delete
  2. semoga aja saya tidak akan pernah minuman keras (miras) seumur hiduo

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah nggak pernah nyentuh yg begituan.

    ReplyDelete

- Terima kasih atas kunjungan anda
- Terima kasih untuk setiap komentar yang anda berikan
- Gunakan bahasa yang baik dan sopan
- Komentar yang berupa link/spam akan dihapus