Inilah 5 Keutamaan Melaksanakan Shalat Secara Berjamaah

Haba Santai - Shalat merupakan kewajiban yang diwajibkan bagi setiap umat islam, tak terkecuali baik laki-laki maupun perempuan. Karena shalat adalah kewajiban, maka barang siapa yang meninggalkan dalam maksud tidak melaksanakannya akan berdosa.

Shalat itu dapat dilakukan secara sendirian atau secara bersama-sama, atau biasa di sebut dengan berjamaah. Dalam pelaksanaannya, shalat berjamaah lebih di anjurkan dibandingkan shalat secara sendiri-sendiri.

Lalu muncul pertanyaan, Kenapa shalat berjamaah lebih dianjurkan ketimbang shalat secara sendiri-sendiri ?

Jawabannya tentu karena banyak keutamaan yang didapat seseorang apabila melaksanakan shalat secara berjamaah.

Inilah 5 Keutamaan Melaksanakan Shalat Secara Berjamaah

Lalu apa sajakah keutamaan dari melaksanakan shalat berjamaah tersebut ?

Untuk tahu apa saja yang menjadi keutamaan melaksanakan shalat berjamaah. Simak ulasan beberapa keutamaannya dalam penjelasan berikut ini.

Keutamaan Melaksanakan Shalat Secara Berjamaah


1. Tingkatannya lebih tinggi dari shalat sendirian

Keutamaan yang pertama adalah shalat berjamaah lebih tinggi tingkatannya daripada shalat secara sendiri-sendiri. Tidak tanggung-tanggung, lebih tinggi 27 tingkatan melaksanakan shalat jamaah di bandingkan shalat sendirian. Hal ini sesuai dengan apa yang di riwayatkan dalam hadist :

Dari Ibnu Umar, seungguhnya Rasulullah SAW bersabda "shalat berjamaah lebih baik daripada shalat sendirian sebanyak dua puluh tujuh tingkatan" (HR. Muslim)

Dari hadis di atas jelas disebutkan bahwa terlebih baik melaksanakan shalat berjamaah dibandingkan shalat sendirian. Sehingga tidak ada alasan untuk shalat sendirian jika memang memungkinkan untuk melaksanakan shalat berjamaah.

2. Istimewanya shaf pertama dalam shalat berjamaah

Keutamaan kedua dalam melaksanakan shalat berjamaah terdapat pada keistimewaan berdiri pada shaf pertama. Berdasarkan hadis riwayat Abu Hurairah. Rasulullah SAW bersabda :

"Andai manusia mengetahui apa yang ada dalam seruan azan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak mendapatkannya melainkan dengan di undi, pastilah mereka akan melakukan undian" (HR. Al-Bukhari)

Begitu istimewanya berada dalam barisan shaf pertama dalam shalat berjamaah. Keistimewaan ini hanya bisa didapatkan dalam shalat berjamaah karena dalam shalat sendirian tidak mengenal yang namanya shaf pertama, kedua atau selanjutnya.

3. Allah SWT menjaga orang yang melaksanakan shalat berjamaah dari setan

Keutamaan ketiga dari shalat berjamaah adalah Allah SWT akan menjaga orang-orang yang melaksanakan shalat berjamaah dari setan. Seperti sabda Rasulullah SAW :

"Sesungguhnya setan itu bagi manusia seperti serigala bagi kambing, serigala menagkap kambing yang memisahkan diri dari gerombolannya dan kambing yang menyendiri. Maka jangan lah kamu memisahkan diri dari jamaah, hendaklah kamu berjamaah, bersama orang banyak dan senantiasa memakmurkan masjid" (HR. Ahmad bin Hambal)

Oleh sebab itu melaksanakan shalat berjamaah merupakan salah satu cara agar kita di lindungi oleh Allah SWT dari godaan setan yang terkutuk. Dan bagi orang-orang yang melaksanakan sholat secara sendirian maka akan mudah untuk di goda oleh setan.

4. Dijauhkan dari azab neraka dan dari sifat munafik

Keutamaan yang ke empat adalah orang yang melaksanakan shalat berjamaah akan dijauhkan dari azab neraka dan juga dari sifat munafik. Namun dalam hal ini disyaratkan untuk orang-orang yang melaksanakan shalat selama empat puluh hari secara berjamaah tanpa ketinggalan takbiratul ikhram bersama imam.

Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda :

"Siapa yang melaksanakan shalat kerena Allah SWT selama empat puluh hari berjamaah, ia mendapatkan takbiratul ikhram. Maka dituliskan baginya dijauhkan dari dua perkara : dari neraka dan dijauhkan dari kemunafikan" (HR. At-Tirmidzi)

Sehingga jelas bahwa Allah SWT akan menjauhkan sifat munafik dan azab neraka bagi diri seseorang yang mau melaksanakan shalat berjamaah karena Allah SWT selama empat puluh hari, dan tak pernah ketinggalan takbiratul ikhram bersama imam.

5. Mendapatkan balasan pahala seperti haji dan umrah

Keutamaan shalat berjamaah selanjutnya adalah bagi orang yang melaksanakan shalat subuh berjamaah akan diberikan balasan pahala seperti haji dan umrah. Namun hal ini diberikan bagi mereka yang melaksanakan shalat subuh berjamaah kemudian dilanjutkan dengan zikir hingga terbit matahari lalu melaksanakan shalat dua rakaat.

Hal tersebut sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda :

"Siapa yang melaksanakan shalat subuh berjamaah, kemudian ia duduk berzikir hingga terbit matahari, kemudian ia melaksanakan shalat dua rakaat. Maka ia mendapatkan balasana pahala seperti haji dan umrah. Kemudian Rasulullah SAW mengatakan 'sempurna, sempurna, sempurna'." (HR. At-Tirmidzi)

Terbayang bagaimana shalat jamaah sangat berpengaruh terhadap pahala besar yang didapat seorang muslim. Sehingga tidak ada alasan yang tepat untuk menghindari melaksanakan shalat berjamaah.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat atau keutamaan dari shalat berjamaah. Namun yang dijelaskan dalam artikel ini hanyalah beberapa saja. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat bagi pengunjung yang membaca artikel sederhana ini.

0 Response to "Inilah 5 Keutamaan Melaksanakan Shalat Secara Berjamaah"

Post a Comment

- Terima kasih atas kunjungan anda
- Terima kasih untuk setiap komentar yang anda berikan
- Gunakan bahasa yang baik dan sopan
- Komentar yang berupa link/spam akan dihapus