Inilah 9 Waktu Paling Mustajab Untuk Berdoa Agar Cepat Terkabul

Haba Santai - Setiap orang didunia inin punya keinginan dan harapan. Dan harapan itu tentunya sangat ingin di wujudkan agar bisa menjadi kenyataan. Namun tidak semua keinginan tersebut dapat terwujud begitu saja. Salah satu yang mempengaruhi terwujudnya suatu keinginan atau harapan adalah usaha dan doa.

Membahas mengenai doa, doa merupakan hal yang menyangkut keyakinan dan permohonan kepada sang pencipta. Berdoa merupakan salah satu-satunya cara untuk meminta sesuatu kepada Allah SWT. Dan semua orang yang berdoa tentunya berharap agar doanya terkabul.

Namun sebelum berdoa, alangkah sebaiknya kita ketahui dulu waktu-waktu terbaik untuk berdoa. Hal ini berguna agar doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT cepat terkabulkan.

Inilah 9 Waktu Paling Mustajab Untuk Berdoa Agar Cepat Terkabul

Lantas, kapan saja waktu-waktu yang paling bagus untuk berdoa agar cepat terkabul ?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka silahkan simak ulasan berikut ini mengenai waktu yang sangat baik untuk berdoa agar cepat terkabul.

Waktu Paling Mustajab Untuk Berdoa Agar Cepat Terkabul


1. Setelah Shalat Wajib

Waktu yang paling mustajab untuk berdoa yang pertama adalah setelah shalat wajib. Shalat wajib merupakan shalat yang hanya di lakukan umat muslim pada waktu-waktu tertentu. Waktu-waktu yang telah di tentukan untuk melaksanakan shalat wajib tersebut adalah 5x salam sehari. Maka setelah melaksanakan shalat wajib ini merupakan waktu yang tepat untuk berdoa.

Berdoa di waktu selepas selesai shalat wajib ini merupakan waktu dimana paling mustajab agar doa yang dipanjatkan dikabulkan oleh Allah SWT. Oleh sebab itu manfaatkan sebaik mungkin waktu ini untuk berdoa agar semua keinginan bisa terkabul.

2. Ketika Sahur Atau Sepertiga Malam Akhir

Waktu yang selanjutnya merupakan waktu yang paling baik untuk berdoa adalah ketika sahur atau sepertiga malam akhir. Waktu sepertiga malam akhir maksudnya adalah waktu ketika hampir masuk kepada waktu sahur bagi mereka yang hendak berpuasa. Waktu-waktu seperti ini merupakan waktu dimana setiap doa akan diterima dan akan dikabulkan oleh Allah SWT.

3. Ketika Berbuka Puasa

Selanjutnya bagi anda yang ingin doanya cepat terkabul, maka berdoalah di saat berbuka puasa. Perbanyak membaca doa dan memohon ampun pada Allah SWT di waktu-waktu seperti ini. Karena Di waktu berbuka puasa doa merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Itu lah hikmah yang diberikan Allah SWT kepada orang-orang yang berpuasa.

4. Ketika Malam Lailatul Qadar

Waktu yang mustajab untuk berdoa selanjutnya adalah ketika malam Lailatul qadar. Malam Lailatul qadar murpakan malam yang sangat istimewa. Saking istimewanya malam tersebut, di sebutkan bahwa malam Lailatul qadar itu lebih baik daripada seribu bulan. Betapa istimewanya malam tersebut sehingga setiap doa pasti akan di kabulkan Allah SWT. Oleh sebab itu manfaatkan malam kemuliaan ini untuk berdoa dan meminta ampun kepada Allah SWT. Karena dengan kemuliaan malam tersebut doa anda akan terkabul.

5. Ketika Hari Jumat

Hari jumat merupakan hari yang bagus untuk berdoa. Karena di hari jumat, pada waktu tertentu setiap doa akan terkabul bagi siapapun yang berdoa dan memohon kepada Allah SWT. Sehingga dengan memperbanyak berdoa pada hari jumat maka doa yang dipanjatkan akan lebih cepat terkabul dibanding berdoa di hari yang lain.

6. Antara Azan Dan Iqamah

Azan merupakan panggilan bagi umat islam untuk melaksanakan shalat. Dan iqamah menjadi pertanda akan segera dimulainya atau masuk kepada pelaksanaan shalat. Keistimewaan azan dan iqamah ini menjadi suatu pertanda waktu yang baik untuk berdoa. Waktu yang tepat adalah di pertengahan antara keduanya, yaitu berdoa diantara waktu azan dengan iqamah. Waktu seperti ini merupakan salah satu waktu yang paling mustajab untuk berdoa agar cepat terkabul.

7. Ketika Turun Hujan

Waktu selanjutnya yang dianjurkan untuk berdoa agar cepat terkabul adalah ketika turun hujan. Kebiasaan yang umumnya terjadi adalah ketika hujan turun kita mencelanya. Seolah hujan itu sesuatu yang tidak baik sehingga sangat di benci. Padahal justru sebaliknya, hujan merupakan nikmat dan rahmat dari Allah SWT bagi seluruh makhluk. Oleh sebab itu, ketika hujan turun seharusnya kita berdoa dan bersyukur karena pada saat seperti ini doa akan cepat terkabul.

8. Ketika Hari Arafah

Hari Arafah merupakan hari dimana para jamaah haji melakukan wukuf di Arafah, yaitu tanggal 9 Dzulhijjah. Pada hari itu sangat dianjurkan bagi seluruh umat muslim untuk memanjatkan doa. Karena hari itu adalah hari dimana semua doa diterima Allah SWT.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

"Doa yang terbaik adalah doa ketika hari Arafah". (HR. At-Tirmidzi)

9. Ketika Khatam Al Quran

Bisa khatam Al Quran merupakan hal yang istimewa. Hal yang tentunya juga baik untuk berdoa bagi siapa saja yang telah selesai membaca Al Quran sebanyak 30 juz. Saat-saat seperti ini menjadi saat dimana doa akan dikabulkan oleh Allah SWT. Jadi, setelah selesai membaca Al Quran sebanyak 30 juz, sempatkan untuk memanjatkan doa dan memohon ampun kepada Allah SWT. Karena Insyaallah jika berdoa di saat tersebut maka doa akan terkabul.

Demikian lah sedkit informasi kali ini. Semoga saja bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca semua.

2 Responses to "Inilah 9 Waktu Paling Mustajab Untuk Berdoa Agar Cepat Terkabul"

  1. Terimakasih masbro sudah mau berbagi, semoga doa kita selalu dikabulkan oleh Allah swt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke, sama-sama sob, semoga bermanfaat

      Delete

- Terima kasih atas kunjungan anda
- Terima kasih untuk setiap komentar yang anda berikan
- Gunakan bahasa yang baik dan sopan
- Komentar yang berupa link/spam akan dihapus