Inilah 7 Jenis Air Yang Suci Lagi Menyucikan Untuk Berwudhu

Haba Santai - Berwudhu merupakan salah satu syarat penting untuk melakukan shalat. Sebelum shalat maka di haruskan untuk berwudhu terlebih dahulu untuk menghilangkan hadast kecil yang ada padanya.

Shalat hanya boleh dilakukan setelah berwudhu, sehingga apabila seseorang belum berwudhu maka tidak diperbolehkan shalat, baik shalat wajib maupun sunat sekalipun.

Oleh karena berwudhu itu adalah kegiatan menyucikan diri, maka air yang digunakan untuk berwudhu itu juga haruslah suci. Kenapa demikian ? karena hanya air yang suci lagi menyucikan yang dapat digunakan untuk membersihkan hadast kecil pada anggota tubuh seseorang.

Inilah 7 Jenis Air Yang Suci Lagi Menyucikan Untuk Berwudhu

Lalu apa sajakah jenis-jenis air yang suci lagi menyucikan serta dapat digunakan untuk berwudhu ?

Ketahui jawabannya dalam uraian dibawah ini

Jenis-Jenis Air Yang Suci Lagi Menyucikan Untuk Berwudhu


1. Air Hujan

Air hujan merupakan salah satu air yang dikatakan suci lagi menyucikan. Air hujan dapat digunakan untuk menghilangkan hadast kecil pada anggota tubuh sehingga boleh digunakan untuk berwudhu.

2. Air Laut

Air laut merupakan air yang berada di lautan luas. Debit air yang luas ini dapat digunakan untuk berwudhu karena air tersebut termasuk sebagai air suci lagi menyucikan. Tidak perlu ragu untuk berwudhu menggunakan air laut, karena meskipun air laut rasanya asin, namun hal ini tidak akan mengubah ketentuan mengenai kesucian air laut. Bahkan air laut juga diperbolehkan untuk digunakan untuk membersihkan tubuh dari hadas besar.

3. Air Telaga

Air telaga atau pun air yang tergenang dalam suatu area yang luas dapat digunakan untuk berwudhu. Hal ini dikarena air telaga telah dinyatakan suci lagi menyucikan dalam Islam. Sehingga air yang terdapat dalam suatu telaga dapat digunakan untuk berwudhu.

4. Sungai

Air di sungai termasuk salah satu air suci lagi menyucikan. Air disungai umumnya memiliki debit air yang cukup besar sehingga memenuhi syarat untuk digunakan bersuci termasuk berwudhu.

5. Air Sumur

Air sumur merupakan air yang berasal dari dalam tanah, memiliki debit air yang banyak sehingga sah digunakan untuk bersuci. Oleh karena itu air sumur merupakan salah satu air yang dapat anda gunakan untuk bersuci.

6. Air Salju / Es

Air Salju atau air es merupakan air yang memiliki bentuk padat karena adanya pengaruh suhu. Saat air es ini mencair maka dapat digunakan untuk berwudhu. Sah-sah saj menggunakan air es untuk berwudhu karena air es ini termasuk kepada air yang suci lagi menyucikan.

7. Air Embun

Mungkin anda sering melihat air embun yang ada di atas rerumputan. Saking banyaknya embun yang jatuh, kaki anda bisa basah jika berjalan di atas rumput tersebut. Nah, air embun tersebut sebenarnya dapat anda gunakan untuk berwudhu. Karena air embun termasuk air yang suci lagi dapat menyucikan. Caranya tentu dengan membasuh setiap anggota tubuh yang wajib terkena air dengan air embun ini. Maka anda pun dapat melakukan shalat setelah berwudhu dengan air embun.

Demikian lah 7 jenis air yang digolongkan air asuci lagi dapat menyucikan dan dapat digunakan untuk berwudhu. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

0 Response to "Inilah 7 Jenis Air Yang Suci Lagi Menyucikan Untuk Berwudhu"

Post a Comment

- Terima kasih atas kunjungan anda
- Terima kasih untuk setiap komentar yang anda berikan
- Gunakan bahasa yang baik dan sopan
- Komentar yang berupa link/spam akan dihapus