Bahaya, Ternyata Terlalu Banyak Tidur Efeknya Separah Ini

Haba Santai - Setiap tubuh manusia pastinya membutuhkan istirahat. Setelah lelah beraktivitas tubuh harus beristirahat untuk memulihkan energi yang terkuras. Salah satu cara terbaik mengistirahatkan tubuh adalah dengan tidur. Dengan tidur yang berkualitas maka kondisi tubuh yang tadinya lemas akan kembali fit dan siap beraktivitas kembali.

Namun penting untuk diingat, bahwa setiap sesuatu itu ada kadarnya. Begitu pula dengan tidur, juga ada batasan baiknya. Jika masa tidur itu sesuai dengan masa istirahat yang dibutuhkan tubuh maka itu di sebut tidur yang berkualitas. Akan tetapi sebalik jika masa tidur itu kurang atau melebihi dari yang dibutuhkan maka tentunya akan berdampak buruk bagi tubuh.

Bahaya, Ternyata Terlalu Banyak Tidur Efeknya Separah Ini

Ternyata porsi tidur yang terlalu banyak memiliki efek yang cukup serius bagi kesehatan. Tak hanya berdampak buruk bagi fisik namun juga bagi psikis. Bahkan efeknya bisa sangat buruk lantaran berdampak pada resiko terkena penyakit serius. Dan efek-efek buruk dari terlalu banyaknya tidur tersebut diantaranya yaitu

1. Sakit Kepala
Sakit kepala merupakan efek yang umum dan sering dialami oleh orang yang terlalu banyak tidur. Porsi tidur yang berlebihan akan berakibat buruk pada Neurontrasmitter yang terdapat pada otak. Hal inilah yang mengakibatkan terjadinya sakit kepala saat bangun dari tidur.

2. Sakit Punggung
Satu lagi sakit yang akan dialami jika terlalu banyak tidur, yaitu sakit punggung. Sakit punggung ini terjadi karena saat tidur beban tubuh akan banyak bertumpu pada tulang belakang. Sehingga semakin lama anda tidur maka akan semakin lama pula tulang punggung harus menahan beban tersebut. Akibatnya anda akan merasakan rasa sakit pada bagian punggung.

3. Depresi
Percaya atau tidak, terlalu banyak tidur akan meningkatkan resiko seseorang depresi. Semakin panjang durasi tidur maka semakin besar pula resiko mengalami depresi. Jadi yang paling tepat adalah tidur secukupnya, tidak kurang dan tidak lebih.

4. Penurunan Fungsi Otak
Efek buruk selanjutnya yang bisa ditimbulkan akibat durasi tidur yang panjang adalah penurunan fungsi otak. Tidur yang melebihi dari apa yang dibutuhkan tubuh membuat fungsi dari sel-sel otak menjadi terganggu. Kemampuannya otak pun perlahan berkurang sehingga anda pun akan semakin sulit fokus dalam setiap kegiatan.

5. Beresiko Terkena Penyakit Jantung
Dari berbagai informasi yang ada, dikemukakan bahwa seorang dengan durasi tidur yang lama lebih rentan terkena penyakit jantung. Meski tidak berakibat langsung, namun mereka yang tidur melebihi 8 jam sehari lebih beresiko untuk terkena penyakit jantung koroner.

6. Cenderung Menjadi Pemalas
Ternyata terlalu banyak tidur juga membawa pengaruh buruk terhadap psikis seseorang. Seseorang yang banyak tidur akan lebih senang bermalas-malasan dari pada harus beraktivitas yang menguras tenaga. Selain itu juga emosinya juga cenderung tidak stabil, mudah marah dan tersinggung.

0 Response to "Bahaya, Ternyata Terlalu Banyak Tidur Efeknya Separah Ini"

Post a Comment

- Terima kasih atas kunjungan anda
- Terima kasih untuk setiap komentar yang anda berikan
- Gunakan bahasa yang baik dan sopan
- Komentar yang berupa link/spam akan dihapus