Hal Sepele Ini Sering Jadi Pemicu Kecelakaan Di Jalan Raya

Haba Santai - Siapa yang tidak tahu, bahwa berada di jalan raya itu sangat sarat dengan resiko kecelakaan. Bahkan kecelakaan yang fatal bisa berakibat buruk bagi pengguna jalan raya. Tak tanggung-tanggung, nyawa pun bisa jadi taruhannya. Mengerikan memang, namun aktivitas sehari-hari memaksa kita untuk selalu berhubungan langsung dengan jalan raya.

Sebenarnya kecelakaan itu bisa terjadi dimana pun dan kapan pun. Tak ada yang bisa memprediksikan kapan suatu kecelakaan itu akan terjadi. Namun sudah sepatutnya kita untuk selalu waspada dan berhati-hati saat berkendara di jalan raya. Sangat penting untuk selalu detail dalam segala hal, bahkan untuk hal-hal kecil yang mungkin terlihat sepele.

Hal Sepele Ini Sering Jadi Pemicu Kecelakaan Di Jalan Raya

Banyak pengendara yang sering menyepelekan hal-hal yang sebenarnya penting untuk menghindari kecelakaan. Bahkan akibat dari mengabaikan hal-hal tersebut justru akhirnya merugikan dirinya sendiri dan juga orang lain. Lalu apa sajakah hal-hal yang dianggap sepele namun sering menjadi pemicu kecelakaan di jalan raya ?

1. Tidak Disiplin Terhadap Rambu Lalu Lintas
Sangat banyak pengguna jalan raya yang sering mengabaikan rambu-rambu lalu lintas. Rambu-rambu yang sering di langgar seperti menerobos lampu merah, berhenti di tempat yang terdapat rambu dilarang berhenti serta lain sebagainya. Sepele memang, namun tanpa disadari mengabaikan rambu-rambu tersebut bisa berakibat fatal yakni terjadinya kecelakaan. Dan sudah banyak terdengar kecelakaan yang terjadi diakibatkan perilaku tidak disiplin terhadap rambu-rambu lalu lintas ini.

2. Menggunakan Handphone Saat Berkendara
Hal sepele lain yang juga sering menjadi pemicu kecelakaan di jalan raya adalah penggunaan handphone saat sedang berkendara. Telponan atau smsan sambil berkendara dapat menghilangkan fokus dan kendali terhadap sepeda motor atau mobil yang sedang dikendarai. Hal ini sangat berbahaya dan beresiko terjadinya kecelakaan yang sangat fatal. Namun sayang hal seperti ini sering disepelekan dan bahkan di abaikan sama sekali.

3. Berkendara Dalam Keadaan Mengatuk / Kelelahan
Hal berbahaya lainnya yang sering di abaikan oleh pengenadara di jalan raya adalah berkendara dalam kondisi mengantuk atau pun kelelahan. Mengemudi dalam keadaan mengantuk sangat lah berbahaya. Karena saat mengantuk tubuh menjadi tidak fit dan cenderung tidak fokus. Kehilangan fokus ini bisa menjadi salah satu pemicu kecelakaan. Sepele memang, hanya sedikit mengatuk, tapi akibatnya sangat merugikan.

4. Berkendara Dengan Ugal-Ugalan
Setiap pengendara, baik pengendara sepeda motor maupun mobil sepatutnya memiliki perilaku berkendara yang baik saat di jalan raya. Seharusnya berkendara dengan stabil dan tidak ugal-ugalan, karena penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Namun demikian ada saja pengendara-pengendara yang mengabaikankan hal ini, berkendara dengan ugal-ugalan, asal nyalib sembarangan yang justru menimbulkan kerugian tersendiri yaitu terjadinya kecelakaan.

5. Kelebihan Daya Angkut
Kasus kelebihan daya angkut ini biasanya sering terjadi di saat mudik. Sangat sering kita melihat pengendara yang mengangkut barang terlalu banyak di atas kendaraannya. Banyaknya barang yang diangkut bahkan hingga melebihi daya angkut sebenarnya sangat berbahaya. Hal seperti ini membuat kendaraan menjadi susah di kendalikan, bisa karena terlalu berat, tidak seimbang, dan akhirnya menimbulkan kecelakaan yang tidak diinginkan. Hal ini terlihat sepele memang, namun mengabaikannya bisa sangat fatal bagi diri sendiri dan juga bagi orang lain.

0 Response to "Hal Sepele Ini Sering Jadi Pemicu Kecelakaan Di Jalan Raya"

Post a Comment

- Terima kasih atas kunjungan anda
- Terima kasih untuk setiap komentar yang anda berikan
- Gunakan bahasa yang baik dan sopan
- Komentar yang berupa link/spam akan dihapus