Ternyata Ini Alasan Kenapa Selalu Ada Rongga Udara Pada Telur

Anda semua pasti tahu kan apa itu telur ? contohnya telur ayam, telur bebek dan telur lainnya. Telur-telur itu sangat erat hubungannya dengan kehidupan kita sehari-hari. Sangat enak jika digoreng atau pun direbus lalu di sajikan dalam sepeiring nasi atau pun semangkok mie.

Tapi kali ini kita bukan mau membahas tentang makanan. Tetapi kita akan membahas tentang hal unik yang terdapat pada si telur. Hal yang mungkin sepele, jarang di perhatikan namun penting sebagai pengetahuan. Nah, apakah itu ?

Rongga Udara Pada Telur

Coba kalian perhatikan sebutir telur (contoh gambar seperti yg ada di atas). Agar lebih mudah, perhatikan saja telur ayam yang sudah di rebus. Lalu coba kupas atau pecahkan sedikit ujung dari telur tersebut. Nah, pasti kalian akan menemukan sedikit ruang atau rongga yang tidak terisi penuh oleh telur. Nah, sekarang yang jadi permasalahannya adalah kenapa ada ruang atau rongga seperti itu dalam telur tersebut ? Apa fungsinya ? Dan apakah setiap telur memang memiliki ruang kosong seperti itu ?

Apakah kalian tahu jawabannya ?

Sebenarnya ruang kosong atau rongga yang terdapat dalam telur itu di sebut Rongga Udara. Rongga udara ini merupakan sedikit ruang kosong yang terdapat dalam telur. Isi dari ruang kosong tersebut adalah udara atau dalam bahasa biologi biasa di sebut oksigen.

Mengenai fungsinya, rongga udara ini berfungsi sebagai sumber udara / oksigen bagi embrio (sel yang menjadi dasarterbentuknya anak ayam/bebek/dll). Udara dalam rongga telur akan menjadi sumber oksigen utama bagi embrio untuk bernapas selama di dalam telur. Sehingga oksigen dalam rongga telur sangat penting bagi kelangsungan embrio untuk terus berkembang menjadi sebuah individu.

Dan untuk pertanyaan apakah ruang kosong ini terdapat pada setiap telur ? Jawabannya adalah Iya benar. Setiap telur sudah pasti memiliki ruang kosong / rongga udara ini. Baik itu telur ayam, telur bebek atau telur lainnya kesemuanya pasti memiliki rongga udara ini. Karena tanpa rongga udara ini, kemungkinan besar suatu telur tidak akan pernah bisa menetas menjadi suatu individu (anak ayam, anak bebek dll).

0 Response to "Ternyata Ini Alasan Kenapa Selalu Ada Rongga Udara Pada Telur"

Post a Comment

- Terima kasih atas kunjungan anda
- Terima kasih untuk setiap komentar yang anda berikan
- Gunakan bahasa yang baik dan sopan
- Komentar yang berupa link/spam akan dihapus