Kenapa Kepala Ayam Bergerak Maju Mundur Saat Berjalan ?

Haba Santai - Apakah kalian punya ayam ? Jika kalian menjawab "Tidak" maka pertanyaan selanjutnya apakah kalian pernah melihat ayam ? Pasti pernah ya kan ? karena jika kalian memang tidak pernah melihat ayam dan tidak tahu seperti apa makhluk yang namanya ayam itu maka kalian Ke-Ter-La-Lu-An (keterlaluan).

Sangat kuper jika kalian mengaku tidak pernah melihat ayam. Jika pun mungkin tidak pernah melihat secara langsung tapi setidaknya kalian pernah melihatnya di internet, atau di spanduk-spanduk di warung makan.

Oke, cukup sesi tanya jawabnya. Sekarang serius, tahukah kalian bahwa ada hal unik dari si ayam itu ? Hal unik yang mungkin jarang di terpikirkan oleh orang-orang yang tidak peka terhadap lingkungan. Coba kalian ingat-ingat atau coba perhatikan jika kalian melihat ada ayam yang kebetulan lewat di depan kalian.

Kenapa Kepala Ayam Bergerak Maju Mundur Saat Berjalan ?

Ketika seekor ayam berjalan, kepalanya akan bergoyang maju mundur secara berirama. Bergoyangnya maju mundur berirama ya ? Ingat, bukan maju mundur cantik.

Nah, sekarang yang jadi pertanyaannya adalah kenapa ayam kalau berjalan kepalanya mangguk-mangguk secara beraturan seperti itu ?

Apa kalian tahu jawabannya ? Katakan "Tidak" jika memang kalian tidak tahu. Jangan malu-malu mengakui jika memang  tidak tahu karena jujur itu lebih baik daripada bohong, begitu kata tetangga saya.

Bagi kalian yang memang tidak tahu, maka saya sebagai orang yang baik hati dan suka menolong ini akan memberitahukan jawabannya pada kalian.

Begini jawabannya. Setiap ayam akan menggoyangkan kepalanya maju mundur setiap ia berjalan. Hal ini merupakan hal yang wajar dan ada tujuannya.

Alasan kenapa kepala ayam mengguk-mangguk saat berjalan adalah karena kepala ayam merupakan pusat keseimbangan bagi si ayam.

Saat ayam berjalan, ayam akan harus menjaga keseimbangannya agar tidak jatuh. Dan satu-satunya cara bagi ayam untuk menjaga keseimbangan tubuhnya saat berjalan adalah dengan mengayunkan kepala kedepan dan kebelakang.

Jika ayam berjalan tanpa menggoyangkan kepalanya maju mundur, maka si ayam akan kesulitan dalam berjalan. Ayam akan berjalan terpontang-panting, bahkan karena kehilangan keseimbangannya ayam tersebut akan terjatuh.

Bagaimana, apa sekarang kalian sudah paham kenapa kepala ayam selalu bergoyang maju mundur saat berjalan ?

Sekarang kalian bisa berlega hati karena sudah tahu jawabannya. Dan jika ada teman kalian yang bertanya tentang pertanyaan di atas, maka jangan ragu untuk menjelaskannya pada mereka.

0 Response to "Kenapa Kepala Ayam Bergerak Maju Mundur Saat Berjalan ?"

Post a Comment

- Terima kasih atas kunjungan anda
- Terima kasih untuk setiap komentar yang anda berikan
- Gunakan bahasa yang baik dan sopan
- Komentar yang berupa link/spam akan dihapus